KATAKANLAH OLEHMU “INILAH AKU!”

Unknown | 4/24/2014 | 0 komentar

KATAKANLAH OLEHMU “INILAH AKU!”

Kita bisa menjadi seorang manusia sejati, coba berusaha dan percayalah pada diri sendiri. Kepercayaan diri memiliki daya kekuatan yang memukau dan kemampuan unik. Siapa tahu, mungkin kitalah yang ditunggu-tunggu, mungkin kitalah yang terpilih.


Pada perang Uhud, Nabi Muhammad saw berdiri sambil memegang perang. Dia berkata, “Siapa yang mau mengambil (pedang) ini?” Semua sahabat mengulurkan tangan sambil berteriak, “Aku... Aku.” Nabi kembali berkata, “Siapa yang berani mengambil pedang ini dan mempertanggungjawabkannya?” para sahabat terdiam. Tiba-tiba terdengar Abu Dujanah berteriak lantang, “Aku yang akan mengambilnya dan bertanggung jawab karena telah berani mengambil pedang itu.” Lalu Abu Dujanah bergegas ke medan laga melawan kaum kafir di barisan depan. Dia mengambil kain merah dan mengikatnya dikepala. [Pasukan yang memakai ikat kain merah berarti pasukan berani mati]

Kaum Anshar berkata, “Abu Dujanah mengeluarkan atribut pasukan berani mati. Setiap bertemu musuh, dia pasti akan membunuhnya.”

Abu Dujanah menceritakan kenangannya tersebut,
“Ketika itu, aku melihat seseorang yang begitu berapi-api membakar semangat tentara. Aku bergegas menghampirinya. Ketika kuacungkan pedang, tentara itu mengigil ketakutan. Ternyata dia seorang wanita. Aku tidak jadi membunuhnya. Aku menghormati pedang Rasul hingga urung membunuh wanita itu.”

Renungilah cerita diatas, kita tahu bahwa sosok Abu Dujanah tidak setingkat Abu Bakar, sekuat Umar, seberani Ali, atau semulia ‘Utsman. Meskipun begitu, dia lantang berkata, “Aku yang akan mengambilnya dan bertanggung jawab karena telah berani mengambil pedang itu.” Rasul pun menyerahkannya. Rasul tidak memberikan pedang itu kepada anak pamannya, Zubair atu kepada orang lain. Mereka didahului oleh Abu Dujanah.

Mungkin di dalam peperangan tersebut, ketika Abu Dujanah percaya diri dan dipercaya Rasulullah untuk membawa pedangnya, dia lebih jantan dan lebih berani.

Mengapa kita tidak seperti Abu Dujanah dan lantang berkata, Inilah Aku!”

Lelaki sejati mereka yang lantang berkata
inilah aku
bukan mereka yang berkata
inilah bapakku

********
ditukil dari Khalid 'Umar 'Abdurrahman ad-Dusuqi, Bawaits as-Surur, Maghfirah Pustaka Jakarta

Wallahu ‘Alam [Kisah Inspiratif]

Category: ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

0 komentar