PENCURI YANG RAJIN MENJALANKAN SHOLAT

Wandi Budiman | 5/04/2014 | 0 komentar

PENCURI YANG RAJIN MENJALANKAN SHOLAT

Suatu ketika, para sahabat mengadukan seseorang kepada Nabi Muhammad saw, “Ya Rasulallah,” kata para sahabat, “Orang itu mencuri, berbuat keji, dan melakukan segala kemungkaran. Akan tetapi, ketika adzan sholat dikumandangkan, dia datang mendirikan shaolat, ruku’, sujud, lalu beristigfar dan berdzikir kepada Allah”. Mendengar pengaduan itu, Rasulullah bersikap tenang, bahkan memberitahu para sahabat agar membiarkan si pencuri itu. Rasulallah saw bersabda:
Percayalah, Apa yang dibacanya pasti akan mencegah orang itu melakukan segala perbuatan dosa.” (lihat, Kitab Syu’bul Iman).

Sabda Rasulallah saw memang selalu benar. Selang beberapa hari kemudian, para sahabat membawa kabar gembira kepada Rasulullah saw kalau si pencuri sudah taubat dan khusyu.


Lihatlah, saudara-saudariku. Nabi tidak melarang si pencuri untuk masuk masjid. Dia pun tidak melarangnya menjalankan sholat atau berdzikir menyebut nama Allah. Tidak sama sekali tidak itu bukan karakter Nabi.

Contoh diatas juga memberikan pelajaran penting bagi kita, ketika kita masih saja selalu berbuat kesalahan, kemaksiatan dan dosa. Maka, yang meski kita perbuat adalah menutup kejelekan tersebut dengan selalu berbuat kebaikan, selalu beribadah kepada Allah. Maka, Insya Allah segala kejeleka yang kita perbuat tersebut sedikit demi sedikit akan hancur kemudian yang terdapat pada diri kita adalah kebaikan dan kebaikan. Sebagaimana sabda Rasulallah saw.
عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ ".[رواه الترمذي وقال حديث حسن وفي بعض النسخ حسن صحيح]

Dari Abu Dzar, Jundub bin Junadah dan Abu ‘Abdurrahman, Mu’adz bin Jabal radhiyallahu 'anhuma, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau bersabda : “Bertaqwalah kepada Allah di mana saja engkau berada dan iringilah sesuatu perbuatan dosa dengan kebaikan, pasti akan menghapuskannya dan bergaullah sesama manusia dengan akhlaq yang baik”.  (HR. Tirmidzi, ia telah berkata : Hadits ini hasan, pada lafazh lain derajatnya hasan shahih) [Tirmidzi no. 1987]
Semoga menjadi hamba-hamba Allah yang selalu diberi kekuatan untuk istiqamah dalam menjalankan setiap perintah Allah sertakekuatan dalam meninggalkan segala perbuatan yang telah dilarang oleh Allah swt. Amin ya Rabbal ‘Alamin.
******

Wallahu ‘Alam [Kisah Inspiratif]

Category: ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

0 komentar