HARI PENDIDIKAN NASIONAL NUSANTARA RAYA

Wandi Budiman | 5/02/2014 | 0 komentar


HARI PENDIDIKAN NASIONAL NUSANTARA RAYA

Hari ini merupakan hari yang penting bagi bangsa indonesia, dikatakan penting karena hari ini merupakan hari dimana di peringatinya hari pendidikan nasional. Dikatakan penting juga karena kita akan bertanya kepada Negeri ini apakah pendidikan di negeri ini sudah berjalan sesuai dengan cita-cita bangsa [lihat teks Muqadimah UUD 1945]?, atau sesuai dengan keinginan bangsa?, atau sudah sesuaikah antara input dengan output atau hasil dari pendidikan tersebut?. [merenunglah....] ya kita semua harus intropeksi diri kita. Dimanakah posisi kita dalam memajukan pendidikan ini??? [bertanyalah... selagi bisa bertanya, merenunglah... selagi bisa merenung].

Anak Negeri yang luar biasa
 Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Tanggal 2 Mei dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959, tanggal 28 November 1959. Hal ini sebagai salah satu bentuk penghargaan dan penghormatan atas lahirnya tokoh pejuang pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara yang bernama kecil Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hadjar Dewantara, EYD: Ki Hajar Dewantara, beberapa menuliskan bunyi bahasa Jawanya dengan Ki Hajar Dewantoro; lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 – meninggal di Yogyakarta, 26 April 1959 pada umur 69 tahun. Melalui Kepres tersebut sekaligus menetapkan Beliau sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia dan mengukuhkannya sebagai pahlawan nasional yang ke-2 oleh Presiden RI, Ir. Soekarno pada waktu itu.

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani ("di belakang memberi dorongan"), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Meski masih ada yang memperdebatkan tentang gelar yang disandingkan kepada Ki Hajar Dewantoro sebagai Bapak Pendidikan Indonesia juga hari pendidikan Nasional yang diambil dari hari ulang tahunnya. Namun sebagai warga negara yang baik seharusnya kita tidak terlalu memperdebatkan hal tersebut, karena bagaimana pun juga beliau mempunyai jasa yang sangat benar untuk negeri ini.

Seharusnya kita berpikir bagaimana untuk lebih  meningkatkan mutu pendidikan di negeri ini. Sehingga mempunyai generasi-generasi cemerlang penerus bangsa ini, bukan generasi perampok (korupsi), KKN, amoral, penjajah dan sebagainya. Kita menginginkan sebuah pendidikan yang akan membawa generasi penerus kedalam sebuah nilai-nilai keluhuran budi pekerti dan kecerdasan pikir dan dzikir, yang salih personal serta shalih sosial.
******
* Catatan:
Semboyan "Tut wuri handayani", aslinya adalah :
“Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”. Arti dari semboyan ini adalah:
- Tut wuri handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan),

- Ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), dan

- Ing ngarsa sung tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik).

Sumber, http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Pendidikan_Nasional dan sumber lain.

Semoga bermanfaat [Peristiwa Penting/Hari ini]

Category: , , ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

0 komentar