AR ROZI BAPAK KEDOKTERAN ARAB (865-925)

Wandi Budiman | 11/06/2014 | 0 komentar


Ilmuwan selanjutnya yang merupakan salah satu ilmuwan Muslim yang mempunyai pengaruh yang bersar bagi kehidupan manusia adalah Ar Razi. Seperti hanlnya iluwa Mulsim lainnya, nama Ar Razi bukanlah nama aslinya, melainkan nama yang diambil dari nama kota tempat kelahirannya Ar Rayy, dekat kota Teheran Iran. Ar Razi mempunyai nama lengkap yaitu Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar Razi.

>>>>Ar-Razi (865-925)<<<<



Ar Razi mulai mempelajari ilmu kodokteran di kota Bagdad saat ia menginjak usia remaja, yaitu sat dia berusia 13 tahun. Diusianya yang masih muda, ia tekenal sebagai seorang pakar obat-obatan dan kimia. Karirnya sebagai penyembuh manusia dilakoninya samapai ia menghembuskan napas terakhirnya di Bagdad Irak saat usianya menginjak enam puluh tahun.


Selama  masa hidupnya, telah banyak posisi terkenal yang pernah dirainya. Diantaranya ia pernah menjadi dokter kepala Rumah Sakit, baik di kota kelahirannya maupun di Bagdad.

Bagitupun jasa-jasa Ar Razi dibidang keilmuwan lainnya, telah disebutkan bukunya yang berjudul Kitab al Arar diterjemahkan oleh Gerard of Cremona. Kitab al Asrar memuat informasi penting tentang bidang keilmuwan Farmakologi[1]. Buku ini masih dipakai hingga abad ke-19 sebagi buku pegangan praktikum kedokteran di dunia barat.

Selain Kitab Al Asrar, Ar Rozi pun menghasilkan karya tulis lainnya diantaranya adalah, buku al Hawi (komprehensif, Judul Latinnya Totum Continens) diterjemahkan oleh dokter yahudi di Sisilia, faraj ben Salim pada tahun 1279. Kitab ini terdiri dari 20 jilid (buku yang sangat luar biasa), bahkan buku ini masih menjadi dasar kuliah di dalam bidang kedokteran pada universitas di Eropada hingga abad ke-16.

Karya lainnya adalah al Judari wa al Hasabah (Risalah tentang cacar dan campak, judul latinya De Variolis et Morbilis) diterjemahkan di Venezia tahun 1565 dan membuka antusiasme baru mengenai hal tersebut pada abad ke-18 (seperti telah tercatat dalam sejarah serum untuk cacar ditemukan pada tahun 1796 oleh seorang ilmuwan inggris, Edwar Jenner). Di dalam buku ini Ar Razi membedakan cacar dan campak serta mendeskripsikannya dengan seksama berdasarkan diagnosis terhadap gejala-gejala yang terjadi pada masing-masing penyakit tersebut.

Banyak pemikiran Ar Rozi di bidang kedokteran, diantaranya beliau dikabarkan sebagai dokter pertama yang menulis tentang kerikil dalam ginjal dalam kantung kemih, serta gejala-gejalanya dan pengobatannya, ada juga yang berpendapat bahwa ia sebagi dokter pertama yang menyusun buku tentnag kedokteran anak-anak terpisah dengan dokter umum. Wajar saja dengan berbagai pemikirannya Ar Razi mendapat gelar sebagai “Bapak Kedokteran Arab”.

Seperti orang besar lainnya, banyak kisah-kisah menarik yang berasal dari pengalaman Ar Razi. Dikabarkan bahwa beliau memiliki suara yang merdu, bakatnya itu sering ia gunakan untuk menghibur pasiennya sehingga melupakan beban pikiran yang menimpa mereka akibat penyakit yang mereka derita.

Ar Razi juga dikenang memiliki cara yang unik dalam menentukan posisi untuk pendirian rumah sakit baru. Cara yang dilakukannya adalah dengan digantungkannya sejumlah daging di berbagai tempat dikota yang akan didirikan rumah sakit. Setelah beberapa lama, beliau melihat kembali kondisi daging-daging tersebut. Kemudian beliau memilih tempat yang didalamnya dapat bertahan lama daging yang telah digantung tersebut alias tidak busuk. Ketentuan ini dilakukan karena menurut ar Razi udar di temapt tersebut relative tidak banyak mengandung kuman.

Di bidang kimi, Ar Razi juga mengeluarkan beragam hal yang manfaat. Beliau dikenal memiliki peralatan dan perlengkapan yang lengkap untuk dapat melakukan proses kimia di ruangan kerjanya, yang dapat dikategerikan antara instrument untuk mencampurkan unsure-insur kimia dan instrument untuk mempersiapkan obat-obatan.

Demikianlah kisah perjalan hidup singkat dari Ar Razi, semoga kita bias meneladani kegigihannya dalam mengahasilkan dan memberikan manfaat untuk orang banyak.

Muhammad Razi, 50 Ilmuwan Muslim Populer
[ILMUWAN MUSLIM, @KAWANI 2014]


[1] ilmu tentang interaksi antara obat, sistem, dan proses hidup untuk kepentingan diagnosis, pencegahan, perawatan, dan pengobatan penyakit

Category: , ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

0 komentar