AL-KHAWARIZMI PENEMU AL-JABAR (780-850)

Wandi Budiman | 11/03/2014 | 0 komentar

Tahukah anda siapakah yang telah berjasa mengembanhkan fondasi dari pelajaran berhitung yang telah kita pelajari saat kita di bangku sekolah? Ya Jawabannya adalah al-Khawarizmi, dia adalah seorang ilmuwan muslim terkemuka yang telah membuka peradaban baru yang lebih baik untuk manusia.

Mari kita bahas lebih luas mengenai kehidupan al-Khawarizmi, Beliau mempunyai nama lengkap yaitu Muhammad bin Musa, sedangkan al-Khawarizmi didapatnya karena ia berasal dari Khawarizmi (sekarang ini berada diwilayah Ubzekistan). al-Khawarizmi menghabiskan waktu di kota kelahirannya hanya sebentar, karena pada masa masih kanak-kanak ia bersama orang tuanya pindah ke kota Bagdad.


al-Khawarizmi menjalani kehidupannya di Bagdad dengan kesuksesan, baik dalam menimba ilmu atau meniti karir. Hal ini dibuktikannya dengan diangkatnya beliau sebagai pekerja istana oleh khafilah al-Ma’mun. Pada waktu itu beliau berusia tiga puluh tahun.

Di istana beliau bekerja di bidang yang berhubungan dengan matematika dan astronomi, dua hal yang berkaitan erat pad masa itu. Melihat potensi lebih yang dimiki oleh al-Khawarizmi, maka khalifah mengangkatnya menjadi kepala perpustakaan di istana. Sedemikian sayangnya khalifah dengan al-Khawarizmi, khalifahpun menyediakan anggaran yang cukup besar kepada al-Khawarizmi,  baik untuk menunjang pekerjaannya, karya-karyanya dan kehidupannya pribadinya.

Salah satu karya al-Khawarizmi adalah bukunya yang bernama Hisab Al Jabar wa al Muqabalah (penghitungan penggabungan dan persamaan). Diperkirakan dari judul buku inilah dipergunakan istilah algebra (al jabar), istilah yang digunakan di dunia secara gelobal hingga saat ini.

Adapun isi pembahasan dari buku hisab al-Jabar wa al muqabalah  adalah pembahasan mengenai pemasalahan-permasalah yang dapat dipecahkan secara perhitungan sitematis yang beliau susun secara terperinci untuk memecahkan persoalan-persoalan tersebut dan disertai dengan pembahasan yang sederhana dan mudah dipahami.

Buku hisab al-Jabar wa al muqabalah diterjemahkan kebahasa latin diawal abad ke-12 oleh Gerard of Cremona. Walaupun Gerar of Cremona berasal dari italia, penerjemahan dilakukan di daerah andalusia spanyol yang merupakan jemabatan penghubung utama antara dunia Islam dengan Barat pada masa itu.

Buku hisab al-Jabar wa al muqabalah karya al-Khawarizmi menjadi buku teks matematika pada universitas-universitas di eropa hingga abad ke-16. Dapat dilihat disini, walaupun barat seringkali menyerbu tanah islam melalui berbagai episode perang salibnya, mereka tetap saja tidak menutup mata terhadap kemajuan ilmu yang telah dicapai ilmuwan Muslim pada masa itu. Bahkan disebutkan bahwaa Leonardo Fibonacci of Pisa, anak seorang pedagang italia di awal abad ke-13 yang memiliki guru seorang Muslim, berjasa memperkenalkan angka Arab (1,2,3, dst) pada masa itu untuk menggantikan angka romawi (I,II,III, dst), ia sendiri mengaku berhutang secara pemikiran kepada al Khawarizmi. Bahkan dalam litertur lain, al Khawarizmi adalah seorang penemu angka Nol (0) yang merupakan bagian dari angka arab, yang masa itu masih menggunakan angka romawi.

Selain mahir dalam ilmu matematika, al-Khawarizmi juga mahir dalam ilmu astronomi. Tabel astronominya telah diterjemahkan kebahasa Latin oleh seorang Inggris Addelard of Bath di tahun 1126. Dalam dunia geografi, beliau bersama timnya memiliki jasa karena berhasil menentukan ukuran garis tengah bumi yang hanya berselisih 2877 kaki dari ukuran sebenarnya.  
Al-Khawarizmi telah berjasa memberikan dasar-dasar pengembangan ilmu pengetahuan dalam memajukan peradaban manusia. Dan akhirnya beliau pada usia tujuh puluh tahun telah menghadap sang pencipta untuk menuai segala hasil pengorbanannya dan perjuangnya. Semoga Allah menerima segala amal ibadah beliau dan mengampuni segala kekurangannya. dan kita, semoga menjadi generasi penerus perjuangannya. Amien. Wallahu ‘alam

Sumber: Muhammad Razi, 50 Ilmuwan Muslim Populer
[Ilmuwan Muslim-@Kawani - November’14]

Category: , ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

0 komentar