AHMAD BIN HAMBAL- TEGUH PENDIRIANNYA (780-850)

Wandi Budiman | 11/27/2014 | 0 komentar

Ahmad bin Hambal (780-850)
Tokoh kedua dari beberapa Imam Mazhab yang empat adalah Ahmad bin Hambal, atau biasa dipanggil dengan sebutan Imam Ahmad. Mazhab ini sangat mementingkan penggunaan hadis, walaupun hadits yang dianggap lemah sekalipun. Bahkan, oleh para Wahhabi, aliran dalam Islam yang mengambil inspirasi dari mazhab ini menganggap bahwa berbagai tradisi yang tidak ada pada masa Nabi dapat dianggap bid’ah. Takmengherankan citra yang keras acap kali melekat pada mazhab ini, walaupun pendapat seperti itu tentu saja belum tentu benar.


Imam Ahmad dilahirkan di ibukota kekhalifahan Bagdad (kota 1001 malam). Sebagai anak yang dibesarkan di ibukota, maka dapat dikatakan bahwa suasana keras yang biasa terdapat di kota-kota besr juga telah dirasakannya.

Di dalam proses menimba ilmu, ternyata ia lebih sering mengembara ke luar ibukota mencari guru untuk memgajarinya. Daerah-daerah yang pernah dikunjunginya diantaranya adalah, Irak (Kuffah dan Basyrah), Syiria, Hijaz (Mekkah dan Madinah), hingga yaman. Hal ini menandakan bahwa Imam Ahmad memiliki jiwa petualangan yang tinggi.

Ia juga pernah belajar kepada Imam Syafi’i di Bagdad saat berumur 30 tahun hingga Imam Syafi;i pergi mengajar di Mesir. Pada masa itu, rasa kagum muncul pada diri Imam Syafi’i terhadap sosok Imam Ahmad. Hal ini dapat dibuktikan dari komentar Imam Syafi’i mengenai Imam Ahmad Hambali yang menarik untuk disimak. Kata beliau “Saya keluar dari Bagdad, tidak saya tinggalkan disana seseorang yang lebih taqwa, lebih wara’, lebih ‘alim selain dari Imam Ahmad Hambali, yang sungguh banyak menghafal banyak hadits.

Perjuangan yang paling dikenang dari Imam ahmad adalah pertentangannya dengan aliran Mu’tazilah, yang tengah berjaya pada saat itu dan didukung Khalifah Al Ma’mun. Aliran ini banyak menggunakan aliran filsafat Yunani untuk memperkuat dasar keyakinan pendapatnya dan tidak terlalu banyak menggunakan hadits. Dikarenakan menentang aliran tersebut, beliau dihukum dengan dirantai, tepat ditahun wafatnya khalifah.  Oleh khalifah berikutnya, ia terus menerus dipenjara dan disiksa.

Nasib yang dialami oleh Imam Ahmad akhirnya berubah saat ia menginjak usia 60 tahun. Saat itu khalifah yang diangkat adalah Mutawakkil. Beliau simpati atas perjuangan yang dilakukan oleh Imam Ahmad. Akhirnya beliau membebaskan Imam Ahmad dari penjara dan siksaan serta membersihkan nama baik Imam Ahmad. Imam Ahmad sendiri bukanlah seorang pendendam, beliau tidak menyuruh untuk menghukum lawan-lawannya yang telah menyiksa dan memasukannya ke penjara.

Imam Ahmad wafat pada usia sekitar 75 tahun di Bagdad, jenazahnya dilayat oleh ratusan ribu orang, hal ini menandakan bahwa pembungkaman selama belasan tahun tidak menyurutkan popularitas dirinya. Tentunya salah satu hal yang patut dikagumi dari Imam Ahmad adalah keteguhannya menahan penderitaan dalam mempertahankan hadits dalam posisi yang mulia dan seharusnya.

Interpretasi mazhabnya juga berpengaruh sedemikian kuat yang dilanjutkan oleh ibnu Taimiyah beberapa abad kemudian dan oleh Muhammad bin Abdul Wahab di era kolonialisme negara-negara Barat terhadap wilayah-wilayah Islam. 

Adapun Karya-Karya Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah adalah sebagai berikut:
1. Kitab Al Musnad, karya yang paling menakjubkan karena kitab ini memuat lebih dari dua puluh tujuh ribu hadits.
2. Kitab at-Tafsir, namun Adz-Dzahabi mengatakan, “Kitab ini telah hilang”.
3. Kitab an-Nasikh wa al-Mansukh
4. Kitab at-Tarikh
5. Kitab Hadits Syu'bah
6. Kitab al-Muqaddam wa al-Mu'akkhar fi al-Qur`an
7. Kitab Jawabah al-Qur`an
8. Kitab al-Manasik al-Kabir
9. Kitab al-Manasik as-Saghir

Semoga Allah menempatkan beliau di tempat yang mulia dan mendapatkan ridha dari-Nya. Amiin. Wallahu ‘Alam Bish-Shoab.
Muhammad razi, 50 Ilmuwan Muslim Populer

[ILMUWAN MUSLIM # KawaniBlog]

Category: , ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

0 komentar