BUKU PERENCANAAN & DESAIN PEMBELAJARAN

Wandi Budiman | 10/17/2011 | 1 komentar

LAPORAN BUKU PERENCANAAN DAN DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Perencanaan Sistem Pendidikan Islam
Dosen Pembimbing : Dr. Berliana Kartakusumah
Disusun Oleh : Wandi Budiman  F.1010297

KEPENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS STUDI ISLAM UNIVERSITAS DJUANDA BOGOR 2011

IDENTITAS BUKU

Judul Buku  : Perencanaan dan Desain Sistem  Pembelajaran
Pengarang                   : Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd.
Penerbit                       : Kencana Prenada Media Group
Tahun Terbit                : 2010
Kota Terbit                  : Jakarta
Cetakan                       : Ke-3
Jumlah Halaman         : xvi + 284 halaman
Jenis Kertas                 : Hvs
ISBN                           : 978-602-8800-16-7



BAGIAN I
A.  Latar Belakang Memilih Buku
Dalam perkembangannya pendidikan tentunya harus mempunyai perencanaan dalam setiap kegiatannya, agar apa yang menjadi tujuan dan cita-cita pendidikan bisa dicapai. Perencanaan pendidikan akan lebih terarah dengan adanya teori –teori yang membahas mengenai hal tersebut.

Berangkat dari hal diatas maka penulis pikir sangat baik untuk menelaah buku “Perencanaan dan desain pembeljaran” ini. Kemudian alasan lain penulis memilih buku ini antara lain sebagai berikut:
1.      Judul buku ini sesuai dengan judul buku yang dosen pembimbing sarankan
2.      Judul buku ini menarik untuk dikaji lebih lanjut.
3.      Penulis buku “Perencanaan dan desain pembeljaran” ini adalah seorang yang berkecimpung di dunia pendidikan dan merupakan seorang Professor.
4.      Desain sampul / cover buku ini cukup menarik
5.      Harganya bisa terjangkau oleh kalangan menengah kebawah

B.  Tujuan Laporan Buku
Penulisan laporan buku perencanaan dan desain system pembelajaran ini, bertujuan anatara lain sebagai berikut: 
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Perencanaan sistem pendidikan islam.
2.      Untuk menambah wawasan keilmuan mengenai perencanaan dan desain system pembelajaran.
3.      Untuk menggali dan memberikan informasi tentang kondisi objektif dan teori mengenai perencanaan dan desain sistem pembelajaaran.

C.  Manfaat Laporan Buku
Adapun manfaat dari penulisan laporan buku ini tidak lain antara lain sebagai berikut:
1.      Untuk memperluas wawasan pengetahuan dan pengalaman dalam kajian perencanaan dan desain system pembelajaran.
2.      Melatih untuk menelaah sebuah buku bacaan.
3.      Melatih untuk bisa melakukan penulisan ilmiah.
4.      Bertanggung jawab atas apa yang dosen pembimbing tugaskan.
5.      Memberi pemahaman kepada setiap lembaga pendidikan khususnya umumnya kepada setiap pendidik bagaimana membuat perencanaan dalam menjalankan kegiatan di lembaga pendidikan.

D.  Sistematika Penulisan

      Dalam penulisan laporan buku ini, pelapor memulai dengan mencantumkan identitas buku dan sinopsisnya. Kemudian setelah itu pelaor membagi menjadi tiga bagian yaitu:
Bagian I membahas mengenai
1.      Alasan atau latar belakang memilih buku,
2.      Tujuan pembuatan laporan buku,
3.      Manfaat penulisan laporan buku, dan
4.      Sistematika penulisan.

Bagian II membahas mengenai
1.      Gagasan pokok tentang issi buku,
2.      Teori yang dikupas,
3.      Ringkasan keseluruhan isi buku, dan
4.      Pendapat pelapor mengenai isi buku.

Bagian III membahas
1.      kesimpulan,
2.      Manfaat penulisan laporan buku, baik bagi pelapor, guru, ataupun sekolah dan
3.      Saran.

BAGIAN II
A.  Gagasan Pokok yang Di Bahas

      Di dalam buku perencanaan dan desian system pembelajaran ini, masing-masing bab membahas tentang materi tertentu yang dimulai dari pengertian sampai dengan kajian teoritis mengenai permasalahan yang dikaji. Adapun  gagasan-gagasan  pokok yang termuat  dan dibahas dalam buku ini diantaranya adalah:

1.    Pada bagian pertama dari buku ini menjelaskan tentang konsep yang berkaitan dengan perencanaan dan desai pembelajaran, manfaat dan komponen system pembelajaran.
2.    Pada bagian kedua dari buku ini menjelaskan tentang pengertian, manfaat, fungsi dan langkah-langkah penyusunan perencanaan pembelajaran.
3.    Pada bagian ketiga dari buku ini menjelaskan tentang hakikat perencanaan dan pengembangan program pembelajaran.
4.    Pada bagian keempat dari buku ini menjelaskan tentang hakikat desain pembelajaran dan model-model desain instuksional.
5.    Pada bagian kelima dari buku ini menjelaskan tentang model desain pembelajaran untuk menunjang implementasi kurikulum berorientasi pada kompetensi seperti KTSP. Model ini dinamakan model desain system intuksional berorientasi pencapaian kompetensi (DSI-PK).
6.    Pada bagian  keemam dari buku ini menjelaskan tentang analisis kebutuhan, langkah-langkah dan sumber analisis kebutuhan.
7.     Pada bagian  ketujuh dari buku ini menjelaskan tentang pengembangan kompetensi sebagai tujuan pembelajaran.
8.    Pada bagian kedelapan dari buku ini menjelaskan tentang pengembangan materi pembelajaran dengan membahasmengenai sumber materi pembelajaran dan cara pengemasan materi tersebut.
9.    Pada bagian kesembilan dari buku ini menjelaskan tentang pengembangan pengalaman belajar yang meliputi tahapan pengembangan pengalaman belajar, strategi dan metode pembelajarn.
10.     Pada bagian  kesepuluh dari buku ini menjelaskan tentang pengembangan media dan sumber belajar yang meliputi fungsi media pembelajaran, macam-macam media pembelajaran, karakteristik media pembelajaran, dan pemanfaatan media pembelajaran.
11.     Pada bagian  kesebelas dari buku ini menjelaskan tentang pengembangan alat evaluasi.
12.     Pada bagian  keduabelas dari buku ini menjelaskan tentang penerapan setiap aspek perkembangan dalam proses pembelajaran.

B.  Teori yang di Kupas

 Dalam buku perencanaan dan desain system pembelajaran ini penulis membagi materi yang dibahas menjadi duabelas bab, masing-masing penjelasanya adalah sebagai berikut:

1.        BAB 1
Pada bab I penulis memberikan penjelasan tentang apa saja yang akan dibahas pada bab ini sebagai pengantarnya. Dalam bab pertama ini penulis memberikan informasi kepada pembaca bahwasanya system merupakan satu  kesatua komponen yang satu sam lain saling brhubungan untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan system pembelajaran adalah suatu kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prossedur yang berinteraksi untuk mencapai tujuan.

Kemudian penulis lanjutkan dengan membahas mengenai mafaat pendekatan system dalam pembelajaran, yaitu melaui pendekatan system arah dan tujuan pembelajaran dapat direncanakan dengan jelas, pendekatan system menuntun guru pada kegiatan yang sistematis, dapat merancang pembelajaran dengan mengoptimalkan segala potensi dan sumberdaya yang tersedia dan pendekatan system dapat memberikan umpan balik. Adapun komponen system pembelajaran adalah siswa, tujuan, kondisi, sumber-sumber belajar, dan hasil belajar.

2.        BAB 2
       Pada bab ke dua, penulis sudah mulai memberikan penjelasan inti tentang isi dari buku ini. Di dalam bab ini penulis memaparkan tentang apa itu perencanaan pembelajaran. Penulis  menjelaskan bahwa perencanaan pembelajaran itu secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu perencanaan dan pembelajaran.  Perencanaan berasal dari kata rencana yang berarti pengambilan keputusan tentang apa yang haruas dilakukan untuk mencapai tujuan dan pembelajaran adalah proses kerja sama antara guru dan siswadalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada.

Perencanaan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam mengatur kegiatan di lembaga pendidikan khususnya pada kegiatan mengajar-belajar, karena dengan adanya perencanaan maka segala kegiatan akan terarah, melalui perencanaan yang matang, akan terhindar dari keberhasilan yang untung – untungan, sebagai alat untuk memecahka masalah, untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar secara tepat.

Adapunr fungsi dari perencanaan  pembelajaran yang terdapat dalam buku ini, ada empat fungsi  yaitu, 1. Fungsi kreatif 2. Fungsi inovatif 3. Fungsi selektif 4. Fungsi komunikatif 5. Fungsi prediktif 6. Fungsi akurasi 7. Fungsi pencapaian tujuan, dan 8. Fungsi kontrol.

Kemudian dilanjutkan dengan kriteria penyusunan perencanaan pembelajaran, agar perencanaan yang disusun itu dapat berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan, maka harus ada kriteria penyusunan perencanaan yaitu, 1. Signifikansi 2. Relevan 3. Kepastian 4. Adaptabilitas 5. Kesederhanaan 6. Prediktif. Sedangkan langkah-langkah penyusunan perencanaan pembelajaran adalah 1. Merumuskan tujuan khusus 2. Memilih pengalaman belajar 3. Menentukan kegiatan mengajar-belajar 4. Menentukan orang orang yang akan terlibat 5. Menyeleksi bahan dan alat belajar 6. Perencanaan evaluasi dan pengembangan.

3.        BAB 3
Pada bab tiga di buku ini menjelaskan dan memaparkan lebih detail tentang perencanaan terutama dalam pengembangannya dan aflikasinya dilengkapi dengan contoh-contohnya. Pada dasarnya perencanaan adalah proses penerjemahan kurikulum, ada beberapa program  yang harus dipersiapkan guru sebagai proses penerjemahan kurikulum, yaitu 1. Menetukan alokasi waktu dan kalender akademis 2. Perencanaan program tahunan 3. Rencana program semester 4.silbus 5. Rencana pelaksanaan pembelajaran  .

4.        BAB 4
Setelah membahas mengenai perencanaan pembelajaran maka penulis pada bab ini membahas mengenai desain pembelajaran. desain pembelajaran adalah proses menganalisi kebutuhan siswa dalama pembelajaran kemudian berupaya membantu dalam menjawab kebutuhan itu.

Setelah itu penulis menjelaskana mengenai keriteria desain instruksional yang baik, yaitu 1. Berorientasi pada siswa  2.  Berpijak pada pendekatan siswa 3. Teruji secar empiris.  Dilanjutkan dengan macam-macam model desain instuksional, yaitu 1. Model kemp 2. Model benathy 3. Model dick and cery 4. Model PPSI ( prosedur pengembangan sistem instruksional).

5.        BAB 5
       Pada bab lima  penulis memparkan tentang kurikulum pembelajaran yang berorientasi pada pencapaian kompetensi, kemudian dilanjutkan dengan membahas mengenai model pembelajaran yang bernama model desai sistem instruksional berorientasi pencapaian kompetensi (DSI-PK). Model DSI-PK ini adalah gambaran prose rancangan sistematis tentang pengembangan pembelajaran baik mengenai proses maupun bahan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dalam dalam upaya pencapaian kompetensi.

6.      BAB 6
Setelah membahas mengenai desain pembelajaran pada bab sebelumnya, penulis pada bab enam ini akan menjelaskan mengenai analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan adalah proses menentukan kebutuhan penndidikan (Neil : 1985), adapun langkah – langkah yang harus dilakukan dalm menganalisis kebutuhan siswa adalah 1. Tahapan pengumpulan informasi 2. Tahapan identifikasi kesenjamgan 3. Tahapan performance 4. Mengidentifikasi kendala beserta sumber-sumbernya 5. Identifikasi karateristik siswa 6. Identifikasi tujuan 7. Menentukan permasalahan.

7.      BAB 7
Pada bab ini penulis menjelaskan tentang pentingnya rumusan tujuan dalam sistem pembelajaran, kemudian menjelaskan mengenai perbedaan antara tujuan umum dan tujuan khusus sistem pembelajaran, menguraikan klasifikasi tuan pendidikan dan diakhiri dengan pembahasan mengenai jenis-jenis kompetensi serta kaitannya dengan tujuan pembelajaran.

8.      BAB 8
Pembahasan pada bab ini penulis fokuskan mengenai pengembangan materi pembelajara. Penulis menjelaskan bahwa bahan atau materi pembelajaran adalah segala sesuatu yang menjadi isi kurikulum yang harus dikuasai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar dalam rangka pencapaian setandar kompetensi setiap mata pelajaran dalam satuan pendidikan.

Adapun sumber-suber materi pelajaraan yang dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran yang penulis sebutkan adalah 1. Tempat atau lingkungan 2. Orang atau narasumber 3. Objek 4. Bahan cetak atau noncetak. Pembahsan pada bab ini diakhiri dengan pembahasan mengenai pengemasan materi pembelajaran serta bentuk-bentuk pengemasan pembelajaran.

9.      BAB 9
Pada bab ini penulis memaparkan tentang pengembangan pengalaman belajar, pengalaman belajar adalah sejumlah aktivitas siswa yang dilakukan untuk memperoleh untuk memperoleh informasi dan kompetensi baru sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Pada bagian ini penulis mengemukakan beberapa teori dan pandangan para akhli mengenaipengalaman belajar, kemudian dilanjutkan dengan membahas mengenai pertimbangan-pertimbangan dan prinsip-prinsip yang harus diperhatika manakala akan merancang dan mengembangkan pengalaman belajar siswa.

Pembahasan dilanjutkan mengenai tahapan pengembangan pengalaman belajar, pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas siswa merupakan pandangan penulis yang menekankan kepada aktivitas siswa secara optimal dengan perpaduan antar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik secara seimbang. Kemudian dilanjutkan membahas mengenai strategi dan metode yang harus dilakukan dalm kegiatan mengajar-belajar.

10.  BAB 10
Pengembangan media penulis paparkan pada bab ini. Dimulai dari membahas tentang pentingnya mengembangkan media pembelajaran, pengertian media pembelajaran, fungsi dan manfaat penggunaan media pembelajaran dan klasifikasi macam-macam media pembelajaran yang bisi digunakan dalam proses mengajar-belajar.

11.  BAB 11
Merancang alat evaluasi merupakan salah satunlangkah yang tidak boleh ditinggalkan dalam perencanaan dan desain pembelajaran. kemudian penulis memaparkan tentang tes baik pengertiannya,petunjuk pengembangannya, kriterianya, jenis-jenisnya. Dilanjutkan dengan pembahsan mengenai evaluasi pembelajaran, fungsi evaluasi dan terakhir menceritakn pandangan penulis tentang ujian nasional (UN).

12.  BAB 12
Pada bahasan terakhir penulis memaparkan tentang cara untuk mengenal perkembangan siswa sebagai subek belajar, baik mengenai perkembangan fisik (motor skill), perkembangan intelektual atau perkembangan kemampuan berpikir (kognotif) dan perkembangan sosial dan moral (afektif).

C.  Ringkasan Isi Keseluruhan
      Dari beberapa penjelasan teori yang dikupas dalam buku perencanaan dan desain system pembelajaran ini.  Keseluruhan isi buku ini menerangkan bahwa perencanaan merupakah hal yang sangat penting dalam pendidikan, baik perencanaan dalam sistemnya ataupun perencanaan kegiatan yang rilnya, baik perencanaan kelembagaanya maupun perencanaan mengajar-belajarnya.

Perencanaan yang matang dan akurat akan dapat memprediksi berapa besar keberhasilan yang akan dicapai, sebab perencanaan disusun untuk memperoleh keberhasilan dengan demikian kemungkinan – kemungkinan gagal akan dapat diatasi oleh guru.   Kemudian dengan adanya perencanaan  maka akan mudah mengantisifasi masalah-masalah yang mungkin timbul dan dengan perencanaan akan membuat pembelajaran berlangsung secara sistematis artinya, proses pembelajaran tidak akan berlangsung seadany, akan tetapi akan berlangsung secara terarah dan terorganisir.

Perencanaan pembelajaran melingkupi semua kegiatan mengajar-belajar, baik ketika akan membuat desain pembelajaran, merancang analisis kebutuhan, mengembangkan kompetensi siswa, pengembangan materi pembelajaran, pengembangan media dan sumber belajar dan pengembangan evaluasi semuanya harus harus direncanakan terlebih dahulu agar tujuan dan cita-cita pendidikan bisa terrealisasikan.

D.  Pendapat Tentang Isi Buku
       Dari berbagai pokok bahasan di atas yang menjelaskan gambaran tentang isi buku secara global, pelapor berpendapat bahwa pemaparan yang diberikan penulis kepada pembaca mengenai substansi buku ini cukup baik. Hal ini dikarenakan pejelasan-penjelasan yang diberikan penulis sangat jelas dan disertai dengan contoh – contohnya jadi pembaca menjadi lebih cepat paham. Pada setiap bab penulis menjelaskan secara singkat namun tidak menghilangkan substansi dari apa yang dipaparkan. Oleh karena itu pelapor bisa menarik kesimpulan bahwa buku perencanaan dan sistem pendidikan baik untuk jadi pegangan ketika akan membuat perencanaan pembelajaran.

Namun ada beberapa kekurangan  yang pelapor temukan dari buku ini,  dari segi penulisan buku ini banyak mengulang sub judul dari judul sebelumnya walaupun ada sebagian yang sama dari segi kontektualnya saja. Kemudian banyak juga pengulangan definisi di setiap judul bab yang lain waluapun pada bab sebelumnya sudah di bahas dan kadang antara definisi yang pertama di kemukakan dengan definisi yang kembali ditulis di bab lain berbeda walaupun itu dalam kata yang sama.

Bagian III
A.  Kesimpulan
      Setelah membaca dan menelaah dari buku perencanaan dan desain pembelajaran ini,  kami menyimpulkan bahwa buku ini cukup pantas digunakan untuk membantu seseorang yang ingin membuat sebuah perencanaan dan desain pembelajaran terutama seorang guru yang akan mengatur anak didiknya supaya menjadi terarah dan terorganisir.

Hal itu disebabkan karena pembahsan yang terdapat didalamnya tidak hanya bersifat teoritk tetapi buku ini menyajikan pembahsan yang bersifat aplikatif.  Hal itu terlihat ketika pemaparan sutau materi buku ini memberika contoh-contoh konkrit. Dan pada akhirnya kami berharap semoga buku ini memberi manfaat yang sangat berharga untuk semua pembaca,

B.  Manfaat Yang Dapat Dipetik
1.    Bagi Pelaponr
Bagi pelapor sendiri, penulisan laporan buku perencanaan dan desain system pembelajaran ini menjadi sebuah pengetahauan dan wawasan baru tentang bagaimana mengolah dan mengatur perencanaan dalam lembaga pendidikan khususnya dalam kegiatan mengajar-belajar.

2.    Bagi Guru
Adapun manfaat bagi guru atau pendidik yang terjun langsung dalam dunia pendidikan, diharapkan mampu menambah wawasan dan pengetahuan dan dapat mengaplikasikan perencanaan dan desain pembelajaran agar apa yang di cita-citakan oleh pendidikan bisa terwujud.

3.    Bagi Sekolah
Bagi sekolah, perencanaan dalam setiap kegiatan harus dilakukan, dan dengan adanya perencanaan dan desain system pembelajaran ini bisa mendukung lembaga pendidikan agar lebih maju lagi.

C.  Saran
Dari berbagai penjelasan di atas, mengenai laporan buku perencanaan dan siitem pembelajaran ini jangan terlalu banyak mengulang-ngulang sub judul yang sudah ada dan pengertian –pengertian yang sudah disebutkan sebelumnya dengan pengertian atau definisi yang berbeda karena akan menyukitkan pembaca yang beanar-benar definisi kata tersebut.

Category:

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

1 komentar

  1. Bisa minta file buku perencanaan dan desain pembelajarannya tidak ?
    terima kasih