PENGHAMBAT UNTUK BER-AKHLAQ ISLAM

Wandi Budiman | 1/17/2014 | 0 komentar

Penghambat untuk Ber-Akhlaq Islami

Akhlak Rasulullah adalah Al-Qur'an (Gamabar: hasmi.org)
 Manusia ingin menjadi mulia, tapi banyak manusia yang tidak mau memakai peraturan atau petunjuk ke arah kemuliaan itu. Ini karena banyak hambatan yang menghalanginya, antara lain :

1. Melemanya Diri Manusia
Kelemahan diri manusia membuat ia tidak mampu mengendalikan dirinya, sehingga hawa nafsu yang mengendalikannya dan kendali hawa nafsu lebih mengarah kepada kekotoran jiwa. Allah berfirman :

وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي إِنَّ النَّفْسَ لأمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلا مَا رَحِمَ رَبِّي إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَحِيمٌ

"Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh pada kejahatan kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhan ku " (QS. Yusuf [12] : 53)

وَلَوِ اتَّبَعَ الْحَقُّ أَهْوَاءَهُمْ لَفَسَدَتِ السَّمَاوَاتُ وَالأرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ بَلْ أَتَيْنَاهُمْ بِذِكْرِهِمْ فَهُمْ عَنْ ذِكْرِهِمْ مُعْرِضُونَ

"Dan kalau kebenaran itu tunduk kepada hawa nafsu mereka, sungguh rusaklah lagit, bumi dan apa yang ada diantara mereka"(QS. Al-Mu’minun [23] : 71)

2. Godaan Syaitan
Syaitan telah bertekad untuk mengoda manusia dan mangajaknya untuk masuk ke neraka. Allah berfirman :

قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لأزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الأرْضِ وَلأغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ (٣٩) إِلا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ

"Berkata (syaitan) : Ya Tuhanku, karena tersebab manusia ia aku jadi terkutuk, sungguh akan aku hiasi mereka ( dengan kejahatan ) di dunia dan akan aku sesatkan mereka semua Kecuali hamba-hambaMu yang ikhlas diantara mereka"(QS. Al-Hijr [15] : 39-40)

3. Pengaruh Orang Kafir.
Di dunia ini orang kafir selalu berusaha agar kita senang dan ikut agama mereka, mereka terus memerangi kita. Karena itu kita diperintah untuk selalu waspada terhadap usaha-usaha orang kafir untuk memurtadkan kita. Allah berfirman :


وَلا يَزَالُونَ يُقَاتِلُونَكُمْ حَتَّى يَرُدُّوكُمْ عَنْ دِينِكُمْ إِنِ اسْتَطَاعُوا.... ....

"Senantiasa mereka itu (orang-orang kafir) memerangi kamu, sehingga mereka mengembalikan kamu dari agamamu (menjadi kafir), jika mereka kuasa"(QS. Al-Baqarah [2] : 217)

*Bila Mengabaikan Akhlaq Islam

Kita bisa melihat kenyataan betapa runtuhnya martabat manusia manakala kita mengunajkan akhlaq Islam sebagai praktek hidup. Pembunuhan, pemerkosaan, perzinahan, perampokan, penipuan, bunuh diri dan sebagainya merupakan tingkah laku manusia tak berakhlaq Islam dan selalu menghiasi berita-berita kriminalitas, baik di "negara berkembang" mupun di "negara maju"

Sebagai contoh, di Indonesia data pemerkosaan menunjukan tiap 4 sampai 5 jam terdapat seorang wanita diperkosa, sedangkan di Amerika tiap satu menit seorang wanita diperkosa. menurut catatan tahun 1986, di Jakarta terdapat 300 kasus pengguguran kandungan setiap harinya pada 10 tempat praktek dokter. Dan kalau disebutkan satu persatu angka-angka kriminal di berbagai  negara tentu akan sangat banyak menyita halaman.

Oleh sebab itu, tidak ada alternatif lain kecuali kita harus memasyarakatkan akhlaq Islam, dimulai dari diri kita masing-masing, keluarga, masyarakat. Dengan demikian kita berarti melanjutkan missi utama Rasulullah yaitu menyempurnakan Akhlak manusia. Wallahu ‘Alam.

Category: ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

0 komentar