LIMA KEMULIAAN RASULULLAH SAW

Wandi Budiman | 1/28/2014 |


Lima kemuliaan yang telah Allah berikan kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW.
Ilustrasi lafadz Nama Rasulullah Muhammad saw (Gambar: votreesprit.wordpress.com)
 اِن اللهَ تعالى اَكرَمَ نَبيهُ محمدًا ص. بخمسِ كَرَامَاتٍ: اَكرَمَهُ بَالاِسمِ وَالجِسمِ وَالعَطَاءِ وَالخَطَأِ وَالرِضَا. اَمَا الاِسْمِ فَنَادَاهُ باِالرِّسَالَةِ وَلَمْ يُنَادِهِ بِالِاسمِ كَمَا نَادَى جَمِيعَ الاَنْبِيَاءِ. واما الجِسمِ فَإِذَا دَعَا النَبِيّ ص. شَيْئًا فَأَجَبَ هُوَ بِنَفْسِهِ عَنهُ وَلَمْ يَفْعَلْ ذلِكَ لِسَائِرِ الاَنْبِيَاءِ. وَامّا العَطَاءُ فَأَعْطَاهُ بِلَاسُؤَالٍ . وَاَمَا الخَطَاءُ فَذَكَرَالعَفْوَ قَبْلَ ذَنْبِهِ . وَامّا الرِضَا فَلَمْ يَرَدَّ فِدْيَتَهُ وَلاَصَدَقَتَةُ وَلَانَفَقَتُهُ كَمَا رَدَهَا عَلَى سَائِرِالاَنْبِيَاءِ.
Artinya: “Sesungguhnya Allah memuliakan Nabi Muhammad SAW dengan lima karomah/kemuliaan. Yaitu, Allah telah memuliaan namanya, badannya, anugrahnya, kesalahannya, dan ridhanya. Kemuliaan yang telah Allah berikat terkait dengan namanya adalah beliau dipanggil Rasul bukan dipanggil namanya seperti pada Nabi-Nabi lain. Kemuliaan Allah pada badan Rasulullah adalah apabila beliau berdo’a memohon sesuatu maka dijawab oleh dirinya sendiri sesuatu hal yang tidak diperbuat Allah pada Nabi-nabi lain. Kemuliaan Allah dalam hal anugerahnya adalah belia diberi anugrah tanpa memohonnya, kemuliaan Allah pada kesalahannya adalah beliau telah diampuni dosanya sebelum melaksanakan dosa, dan kemuliaan Allah pada ridhanya adalah tidak ditolaknya fidyah, sedekah, maupun nafkah yang diberikan beliau rasulullah, suatu hal yang ditolak dari nabi sebelumnya.[1]

Jumhur ulama rahmatullahi ‘alaihim ajma’in berkata: ” Allah SWT memuliakan Nabi Muhammad SAW dengan lima kehormatan, yaitu :
1. Dlm hal nama;
2. Dlm hal tubuh;
3. Dlm hal pemberian;
4. Dlm hal kesalahan; dan
5. Dlm hal ridha.”

Pertama dalam hal NAMA;
maksudnya beliau di panggil dgn sebutan Rosul dan tidak di panggil dengan namanya sebagaimana ketika Allah memanggil nabi-nabi yg lainnya, spti Adam, Nuh, Ibrahim, dsb. Allah telah berfirman:يأيها الرسول بلغ مآ أنزل إليك “wahai Rosul, sampaikanlah apa yang telah diturunkan kepadamu.” (al-maa’idah-67)

Kedua dalam hal TUBUH;
maksudnya ketika beliau berdo’a atau memohon sesuatu yang berkaitan dengan masalah tubuh, do’a beliau dikabulkan, sementara Allah tidak berbuat demikian terhadap nabi-nabi yg lain. Disebutkan dlm satu riwayat bhwa Nabi SAW berhasil mengembalikan mata Qatadah ke tempat semula yg tadinya keluar dan menggelantung di pipinya.

Ketiga dalam hal PEMBERIAN;
maksudnya adalah Allah memberikan sesuatu kepada beliau meskipun tanpa ada permintaan lebih dahulu. Allah tlah berfirman:إنآ أعطينك الكو ثر “sesungguhnya Kami telah memberikan ni’mat yg banyak kepadamu.” (al-kautsar 1)ولسوف يعطيك ربك فترضى “dan kelak Robbmu pasti memberikan karunia-Nya kepadmu, lalu (hati) kamu menjadi puas.” (adh-dhuha-5)

Keempat dalam KESALAHAN;
maksudnya adalah adanya pema’afan sebelum perbuatan dosanya beliau kerjakan. Sebagaiman Allah berkata:عفا الله عنك “Allah telah mema’afkanmu.” (at-taubah-43)

Kelima dalam hal RIDHA; maksudnya adalah fidyah, shadaqah, dan nafkah yang beliau keluarkan tidak ada yang di tolak oleh Allah, sementara Allah pernah menolak dari nabi-nabi yg lain. Disebutkan dalam satu riwayat bahwa beliau pernah menyembelih qurban untuk ummat beliau dan membayar kifarat untuk seseorang dari kalangan ummat beliau karena melakukan hubungan suami-istri pada siang Ramadan.[2]

[1] Syekh Nawawi al-Bantani. Terjemahan Nashoihul Ibad; Nasehat Penghuni Dunia. Terj. Aly  As’ad. (Kudus: Menara Kudus. 1983). hlm. 123-125.
[2] Syekh Nawawi al-Bantani. Nashoihul Ibad; Nasihat-Nasihat untuk Para Hamba menjadi Santun dan Bijak. Terj. Fuad Kauma. (Bandung: Irsyad Baitus Salam. 2012).hlm. 217-219.

Category: , ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..