ISLAM DALAM MENGATASI KEMISKINAN (2)

Unknown | 1/11/2014 |

ISLAM DALAM MENGATASI KEMISKINAN (2)
Ilustrasi Gamabar: Republika.co.id
Lanjuatan....
Ustadz Dr. Yusuf Qardhawi dalam bukunya Musykilatul Fakri Wa Kaifa ‘Aalajahal Islam menyebutkan kiat-kiat Islam dalam mengatasi kemiskinan. Dalam buku itu, Dr. Yusuf Qardhawi menyebutkan enam kiat yang harus dilakukan kaum muslimin untuk mengatasi kemiskinan.



4. Dana Bantuan Perbendaharaan Islam.
Disamping menjelaskan hal itu, Dr. Yusuf Qardhawi juga menjelaskan bahwa mengatasi kemiskinan dengan dana bantuan Islam yang berasal dari berbagai sumber yang diperoleh baitul maal. Karena itu kekayaan-kekyaan umum pada suatu negara harus diarahkan untuk mengatasi kemiskinan dan karenanya dia tidak boleh dikuasi oleh satu atau sekelompok orang untuk kepentingan mereka. Disamping dari kekayaan atau aset negara, dana bantuan perbendaharaan Islam juga bisa diperoleh dari ghanimah (harta pampasan perang), fa’i (harta yang ditinggal musuh) dan sebagainya.

Oleh karena itu, negara dan lembaga-lembaga Islam harus mengupayakan dapat mengatasi kemiskinan dengan berbagai cara dengan memanfaatkan potensi harta negara yang ada. Karenanya suatu negara harus melakukan penghematan dan konsentrasi pada mengatasi kemiskinan. Di negara kita, jumlah penduduk miskin dan yang hidup di bawah garis kemiskinan masih sedemikian banyak dan itu tidak boleh dibiarkan terus berlangsung tanpa ada upaya yang sungguh-sungguh.

5. Keharusan Memenuhi Hak Selain Zakat.
Disamping zakat, masih ada pengeluaran seorang muslim yang harus dilakukan dalam upaya mengatasi kemiskinan dalam kaitannya dengan hubungan tertentu dengan sesama muslim, misalnya;

pertama, hubungan bertetangga yang apabila mereka miskin maka kita wajib membantunya, Rasulullah Saw bersabda:

Tidak patut dinamakan beriman, orang yang tidur malam dalam keadaan kenyang sedang tetangga yang berada di sampingnya dalam keadaan lapar, padahal ia mengetahuinya (HR. Thabrani dan Baihaqi).

Kedua, menunaikan ibadah qurban pada hari raya Idul Adha yang dagingnya dibagikan kepada mereka yang miskin.

Ketiga, kafarat melanggar sumpah sebagaimana firman Allah yang artinya: Maka kafarahnya (tebusan bagi orang yang melanggar sumpah) adalah memberi makan kepada sepuluh orang miskin dengan makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak (QS 5:89).

Keempat, fidyah dengan memberi makan seorang miskin  sebagai ganti puasa satu hari bagi mereka yang tidak berpuasa dengan sebab sakit yang menahun, tua dan sebagainya.

Kelima, al hadyu atau berqurban karena pelanggaran dalam ibadah haji dan sebagainya. 

6. Shadaqah Suka Rela Dan Kebajikan Individu.
Disamping kewajiban-kewajiban dalam kaitan harta yang harus ditunaikan oleh seorang muslim, untuk mengatasi kemiskinan, Islam juga memberikan rangsangan kepada kaum muslimin untuk memiliki akhlak yang agung yang dalam hal ini adalah dermawan dan murah hati sehingga pribadi yang memiliki tidak segan-segan untuk mengeluarkan hartanya lebih dari yang diwajibkan kepadanya dalam konteks shadaqah yang sifatnya suka rela sebagai kebajikan dirinya di jalan Allah Swt. Diantara bentuk-bentuknya adalah waqaf dan hibah terhadap harta yang dimilikinya seperti kendaraan, tanah, rumah dan sebagainya. Allah dan RasuNya memberikan imbalan dan penghargaan yang sangat besar terhadap orang yang bershadaqah sehingga hal itu termasuk pahala yang akan terus diperolehnya meskipun dia telah meninggal dunia.

Akhirnya harus kita sadari bahwa kemiskinan itu selalu menghantui kita sepanjang zaman, kemiskinan bisa saja terjadi secara tiba-tiba terhadap orang yang kaya. Maka harus kita ingat bahwa selagi kita kaya dan berkecukupun, kita harus ingat pada mereka yang miskin dan kekurangan karena suatu ketika mungkin saja kita seperti mereka. Wallahu A’lam (Sumber: Drs. Ahmad Yani)

Category: ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..