KEUTAMAAAN PUASA RAMADHAN

Wandi Budiman | 7/01/2012 | 0 komentar

Dalam tulisan berikut ini akan kami sampaikan tentang keutamaan puasa & Ramadhan sehingga kita benar-benar bisa mengambil faedah dari  momen penting bulan Ramadhan ini, selain kita menjalankan puasa wajib dibulan Ramadhan yang penuh berkah ini.


A.KEUTAMAAN PUASA

1. Puasa adalah ibadah khusus ysng diberi pahala istimewa oleh Allah

sebagaimana sabda rasulullah  :" Allah berfirman :  setiap amal anak adam (manusia) itu membawa manfaat bagi dirinya sendiri kecuali puasa, karena puasa adalah untukKu dan Aku sendirilah yang akan membalasnya, puasa itu adalah perisai, apabila ada salah satu dari kalian berpuasa pada suatu hari maka janganlah ia berkata kotor & gaduh, jika seseorang memakinya atau memusuhinya hendaklah ia mengatakan : sesungguhnya aku sedang berpuasa. Demi dzat yang jiwa Muhamad berada dalam genggamanya sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum disisi Allah dari pada bau minyak kasturi, orang yang berpuasa mengalami dua kegembiraan yaitu ; kegembiraan waktu berbuka puasa (ied) & kegembiraan ketika bertemu dengan Tuhannya karena besarnya pahala puasa ( HR bukhari no : 1894 & Muslim no : 1151 )

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda : ' semua amal ibadah anak adam itu pahalanya  dilipat gandakan sepuluh kali  sampai tujuh ratus kali lipat allah berfirman : kecuali puasa sesungguhnya puasanya untukKu & Akulah yang akan membalasnya………… ( HR muslim )

2. Ar royyan adalah nama suatu pintu si surga yang tidak dimasuki kecuali oleh orang-orang yang berpuasa sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

" Sesungguhnya didalam surga itu ada pintu yang bernama Ar Rayyan ( pintu kesegaran ) dimana nanti pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk lewat pintu ini, & tidak ada seorangpun yang dapat masuk lewat pintu ini kecuali mereka, dimana penjaga pintu mengucapkan : " mana orang-orang yang berpuasa ? " kemudian  merekapun berdiri , tidak ada seorangpun selain mereka yang boleh masuk lewat pintu itu, apabila mereka telah masuk maka ditutuplah pintu itu…………. ( HR bukhari no: 2840 & muslim no : 1153 )

3. Puasa adalah penghapus ( kaffarah ) dosa-dosa.

Rasulullah SAW telah bersabda : " sholat lima waktu, sholat jum'at ke sholat jum'at & puasa ramadhan ke puasa ramadhan adalah penghapus dosa-dosa diantara waktu tersebut selama menjauhi ( meninggalkan ) dosa-dosa besar" ( HR Muslim )

4. Puasa akan memberi syafaat ( pertolongan ) diHari Kiamat

Rasulullah SAW bersabda :

" Puasa & Al Qur'an akan memberikan syafaat ( pertolongan ) kepada seorang hamba pada Hari Kiamat, puasa berkata : "ya Tuhanku aku telah mencegahnya dari makan & hawa nafsu di siang hari, maka kabulkanlah permohonanku kepadaMU agar Engkau memberikannya syafaat ( menolongnya ), dan Al Qur'an berkata : " ya Tuhanku aku telah mencegahnya dari tidur dimalam hari, karena itu kabulkanlah permohonanku kepadaMU agar Engkau memberikannya syafa'at ( menolongnya )" maka Allah pun mengabulkan permohonan mereka berdua " ( HR Ahmad & dishahihkan syeikh Al Albani )

5. Allah akan menjaga &  menjauhkannya dari api neraka

sebagaiman sabda Rasulullah SAW dari Abi Sa'id al Khudrii RA : " tidaklah seorang hamba berpuasa disuatu hari dijalan Allah ( karena Allah ) kecuali Allah akan menjauhkan wajahnya  pada hari itu dari api neraka sejauh tujuh puluh khorifan ( sejauh 70 tahun perjalanan ) ( HR bukhari 1896 & Muslim 1152 )  lihat juga QS : al ambiya' 101

¨bÎ) šúïÏ%©!$# ôMs)t7y™ Nßgs9 $¨YÏiB #Óo_ó¡ßsø9$# y7Í´¯»s9'ré& $pk÷]tã tbr߉yèö6ãB ÇÊÉÊÈ

"Bahwasanya orang-orang yang Telah ada untuk mereka ketetapan yang baik dari kami, mereka itu dijauhkan dari neraka" ( al ambiyaa'  101 ).

B. KEUTAMAAN ( PUASA ) RAMDHAN

Beberapa kemenangan muslimin yang terjadi pada   bulan Ramadhan

         Sejarah mencatat bahwa pada bulan suci  Ramadhan inilah beberapa pertolongan Allah &kesuksesan serta kemenangan besar diraih umat islam, yang sekaligus membuktikan bahwa Ramadhan buka bulan malas & lemah serta terlelap dalam tidur, tetapi merupakan bulan kuat  bulan jihad serta bulan kemenangan.

Kita sedikit menginggatkan beberapa peristiwa besar terjadi dibulan ramadhan diantaranya :

         Perang badar kubro yang diabadikan dalam Al Qur'an sebagai yaumul furqon, & umat islam saat itumeraik kemenangan besar terjadi pada tanggal 17 ramadhan tahun ke-2 Hijriyah, dan saat itu gembong kekafiran   & kebathilan : abu jahl terbunuh.Pada bulan ramadhan pula fathul mekkah yang alaah abadikan dalam alqur'an sebagai fathan mubina ( kemenagan yang nyata ) tepatnya pada tanggal 10 ramdhan tahun ke-8 hijriyah.

        Serangkain peristiwa besar lainnya juga terjadi pada bulan ramadhan, seperti : beberapa pertempuran pada perang tabuk terjadi pada bulan ramadhan tahun ke-9 hijriyah, tersebarnya islam di Yaman pada bulan ramadhan tahun ke-10 hijriyah, kholid bin Walid menghancurkan berhala Uzza pada tanggal 25 ramadhan tahun 8 hijriyah,  dihancurkannya berhala Latta pada bulan ramadhan tahun 9 hijriyah.

        Ditaklukkannya Andalus ( sekarang : spanyol ) dibawah pimpinan Thoriq bin Ziyad pada tanggal 28 Ramadhan tahun 92 Hijriyah, peperangan 'Ain jalut, dimana untuk pertama kalinya pasukan muslim berhasil mengalahkan bangsa Mongol Tartar yang sebelumnya sempat dianggap  mustahil, juga terjadi pada bulan ramadhan tahun 658 hijriyah.

        Pada tanggal 2 Ramadhan 114 H bertepatan dengan 26 Oktober 732 M terjadilah pertempuran sengit ( bilath as suhada') antara kaum muslimin yang dipimpin oleh Abdur Rahman Al ghofi'ii dengan bangsa perancis yang dipimpin oleh  Sharol Matiln yang terjadi di Perancis, selama 10 hari akhir Sya'ban sampai awal Ramadhan.

      Pada tgl 2 Ramadhan pula lah ( 82 H )  ditakluqkannya Maroko Tenggah dimana pasukan muslim setelah melalui Selatan Afrika menuju Romawi untuk menghadapi pasukan barbar yang mereka telah mengumpulkan segala daya & kekuatan untuk melawan kaum muslimin bertahun tahun lamanya, saat itu kaum muslimin dipimpin oleh zuhair Bin Qois & tidak bisa berbuat banyak sampailah datang Al Hisan Bin Nu'man yang akhirnya bisa menguasai semuan negri Magrib ( Maroko ) sampai di  Maroko Tengah & bertemulah 2 pasukan besar ini.

      Pada tgl 2 ramadhan 132 H bertepatan dengan 13 april 750 M diangkatlah Abdullah Abu Abbas sebagai amir  di Damaskus ( Syuria ) maka sejak itu jatuhlah dinasti Al Umawiyah dan berdirilah Daulah Al Abasiyyah. 

       Itu merupakan salah satu keutamaan bulan ramadhan, yang menunjukkan bahwasanya bulan Ramadhan merupakan bulan penuh Nasrullah ( pertolongan Allah ) bulan Kemenangan ( Sahrul fath ) bulan jihad, dsb.

Dibawah ini adalah keutamaan-keutamaaan bulan ramdhan yang lainnya diantaranya :

2. Bulan tarbiyah untuk mencapai derajat taqwa bagi orang-orang yang beriman.

Sebagaiman firman Allah SWT :

$yg•ƒr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä |=ÏGä. ãNà6ø‹n=tæ ãP$u‹Å_Á9$# $yJx. |=ÏGä. ’n?tã šúïÏ%©!$# `ÏB öNà6Î=ö7s% öNä3ª=yès9 tbqà)­Gs?

" Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa ,sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian mejadi orang-orang yang bertaqwa ( QS Al Baqarah : 183 )

3. Bulan diturunkannya Alqur'an pedoman hidup orang islam.

Allah berfirman :

ãöky­ tb$ŸÒtBu ü“Ï%©!$# tAÌ“Ré& ÏmŠÏù ãb#uäöà)ø9$# W‰èd Ĩ$¨Y=Ïj9 ;M»oYÉit/ur z`ÏiB 3y‰ßgø9$# Èb$s%öàÿø9$#ur 4

" Bulan Ramadhan, yang diturunkan padanya Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia & penjelasan tentang petunjuk itun & sebagai pemisah ( yang haq & yang batil )  ( QS Al Baqarah : 185 )

4. Bulan yang paling utama & bulan yang penuh berkah serta bulan yang penuh Fadilah.

Sebagaiman sabda Nabi Muhammad SAW :

سيد الشهور شهر رمضان و سيد الايام يوم الجمعة   ( رواه الطبراني )

" Bulan yang paling utama adalah bulan Ramadhan, dan hari yang paling utama adalah hari jum'at  ( HR Thabrani ) 1

5. Bulan ampunan dosa, bulan peluang emas melakukan ketaatan

sebagaimana sabda rasulullah SAW :

الصلوات الخمس والجمعة الى الجمعة و رمضان الى رمضان مكفرة لما بينهن اذا اجتنبت الكبائر  (رواه المسلم)

" sholat lima waktu, sholat jum'at ke sholat jum'at & puasa ramadhan ke puasa ramadhan adalah penghapus dosa-dosa diantara waktu tersebut selama menjauhi ( meninggalkan ) dosa-dosa besar" ( HR Muslim )

من صام رمضان ايمانا و احتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه ( متفق عليه )

"barang siapa berpuasa di bulan ramadhan karena iman & mengharapkan ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu ( HR Bukhari-Muslim )

من قام رمضان ايمانا و احتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه   ( متفق عليه )

"barang siapa melakukan ibadah dimalam bulan ramadhan karena iman & mengharapkan ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu ( HR Bukhari-Muslim )

اذا جاء رمضان فتحت أبواب الجنة و غلقت أبواب النار و صفدت الشياطين ( متفق عليه )

"apabila bulan ramadhan telah datang, maka dibukalah pintu-pintu surga & ditutuplah pintu-pintu neraka serta dibelengulah syeithan-syeithan ( HR Bukhari-Muslim ).

_________________________________________

(1) AL Haitsami berkata : "abu ubaidah ( seorang rawi dalam sanad ) tidak mendengar dari bapaknya, dalam kitab kanzul 'ummal disebutkan :diriwayatkan oleh ibnu abi syeibah, Ath Thabari & Al Baihaqi dari Ibnu Mas'ud secara mauquf.

Maraji' :

1. fikhus syar'ii muyassarun fi daui al kitab was sunnah, kitab ahkam as siyam karangan : Syeikh Muhammad Ali As Shobuni

    (terbitan Al Maktabah Al 'isriyyah – Beirut 2004 )

2. Manhaz ad dauroh as sar'iyah fis siyam (kajian intensif puasa ) terbitan : idaroh al buhus wa tarjamah maktab tauiyah al jaliyat Al 

    Hassa  ( divisi riset & terjemah islamic center Al Hassa KSA tanpa tahun)

Category: ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

0 komentar