AKHLAK TERHADAP DIRI SENDIRI

Wandi Budiman | 3/06/2014 | 0 komentar


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh... pada kesempatann ini saya akan men-share Ringkasan kajian Majlis Tasbih Jum’at 14 Februari 2014 yang disampaikan Oleh H. Syamsuddim Ali Nasution, MA., PhD.* Pada Kesempatan ini Beliau membawakan materi tentang “Akhlak Terhadap Diri Sendiri”.
Organ Tubuh Manusia. Sumber Gambar: dobelstemcell.com
Islam sebagai sebuah Din yang mempunyai aturan hidupyang komplit. Dalam masalah Akhlak Islam tidak hanya sebatas memerintahkan Ummatnya untuk mempunyai akhlak terhadap Khaliknya akan tetapi juga, manusia diharuskan mempunyai akhlak terhadap dirinya sendiri.

Diri kita merupakan Amanah dari Allah swt yang harus dijaga dan dipelihara dengan sebaik mungkin, jangan samapi kita membuat diri kita menjadi diri yang rusak atau kotor. Kita diperintah untuk memelhara diri kita sebagimana Firman Allah dalam QS. At-Tahrim[66] ; 6:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”

Perintah menjaga diri kita terbagi menjadi dua, yaitu; menjadi diri kita yang bersifat Fisik dan menjaga diri kita yang bersifat Psikis. Kedua-duanya harus kita jaga.

Adapun Menjaga diri kita yang bersifat Fisik diantaranya dengan:
1. Memberikan Nutrisi yang baik untuk diri Kita
2. Memberikan Makanan yang Halal dan Baik
3. Rajin Berolah Raga.
4. Tidak melakukan hal yang membuat diri kita tersiksa (merasa sakit.)
5. Tidak Meaksakan diri kita melakukan hal yang tidak Mampu.
6. Mengetahui Hak diri kita, Misalnya; Mata mempunyai hak untuk Istirahat, Melihat hal-hal yang baik, Telinga mempunyai hak untuk Mendengarkan hal-hal yang baik, dan sebagainya.
7. Menjaga Kesehatan diri kita.
8. dan masih banyak lagi yang lainnya yang berhubungan dengan Fisik Manusia, Manusia harus menjaga dan merawatnya dengan sebaik mungkin.

Selain menjaga diri dari yang bersifat Fisik kita juga diharuskan menjaga diri dari yang bersifat Psikis kita.
Untuk menjaga dan merawat Psikis kita maka, kita harus mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan juga hal-hal yang harus dijauhi oleh diri kita, untuk lebih jelasanya ada beberapa hal yang harus di lakukan dan dijauhi oleh diri kita. Yaitu:
1. Menjauhi Sifat Dengki
2. Menjauhi Sifat Munafik
3. Menjauhi Perbuatan Sia-Sia
4. Tidak rakus
5. Menjauhkan diri dari Sifat Riya
6. Menjauhkan diri dari Sifat Ujub
7. Menjauhkan diri dari Sifat Takabur
8. Menjauhkan diri dari Sifat Popularitas untuk Pujian
9. Menjauhkan diri dari Sifat Bermuka Dua
10. Menjauhkan diri dari Sifat Kikir/ Bahil
11. Menjauhkan diri dari Sifat Putus Asa
12. Harus Bergembira dan Penuh Harapan.
13. Selalu mengharap Tuntunan Allah agar Menjadi Manusia yang Baik
14. Jujur dalam perkataan dan
15. Berbuat Ikhlas
16. Rendah hati.
17. Harus Menjaga harga diri dan kesucian diri.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan ataupun dijauhi oleh kita dlam menjaga dan merawat diri kita baik yang bersifat Fisik dan yang bersifat Psikis. Semoga bermanfaat ringkasan Kajian ini, Wallahu ‘Alam...


* Beliau Merupakan Dosen di Universitas Djuanda Bogor

Category:

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

0 komentar