METODE DAWARAN DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN

Wandi Budiman | 6/10/2012 | 0 komentar


METODE DAWARAN DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN

 Metode ini berasal dari negeri sudan. Metode ini sebenarnya tidaklah asing seperti namanya. Hanya saja, metode ini mengandung sisi pembaharuan. Oleh karena itu, metode ini bukanlah meupakan satu satunya pegangan buat para qori’ sekalian, akan tetapi untuk menambanh pengtahuan dan wawasan. Terlebih masih banyak orang yang hingga sekarang ini yang menghafal al-Qur’an dengan menggunakan metode ini. Mereka bengatakanmetode ini sangat bagus.
anak-anak-afghanistan-menghafal-quran
 Berikuti ini adalah tahapan – tahapannya :

1.      Guru pengajar pada suatu halaqah (pengajaran) mendiktekan al-Qur’an kepada murid – muridnya yang berada di sekelilingnya, masing – masing murid mendapat giliran tertentu. Lalu sang guru mendiktekan kepada setiap muridnya seperempat halaman yang menjadi bagaiannya, kemudian memperbaiki bacaan, pengucapan, dan penulisannya di papan lauh (tulis).

2.      Guru tersebut duduk ditengah – tengah muridnya agar posisinya bisa dekat dengan semua siswa. Setiap kali ia selesai memperbaiki seperempat halaman hafalan siswa tesebut kembali ketempatnya. Kemudia giliran siswa yang lainnya hingga ia selesai memperbaiki hafalan seluruh siswa.

3.      Kondisi ini berlangsung selama lebih dari dua jam, Selam itu pula mereka menghafalkan al-Qur’an. Mereka duduk diatas tikar dan sebagainya, agar  rasa malas tidak menyerang murid atau agar pikirannya tidak disibukan oleh selain hafalannya. Selanjutnya sang guru langsung memerintahkan mereka melakukan taha[ kedua, yaitu

4.      Memrintahkan mereka berbaris membentuk lingkaran. Kemudian mereka mulai melakukan dawaran (berputar) sambil berjalan, sementara sang guru berada di tengah lingkaran sambil mengawasi, mengatur, mengarahkan, dan mengingatkan siswa yang keluar dari aturan.

5.      Ketika mereka berputar, para siswa harus mengulangi hafalan yang tadinya mereka hafal ketika duduk.

6.      Tidak mengapa mereka sedikit mengaraskan suaranya, sebab hal tersebut dapat membangkitkan gairah dan semangat mereka dalam menghafal.

7.      Setelah berputar berlangsug selama satu jam, guru memerintakan mereka agar kembali duduk, kemudian mereka kembali menyetorkan hafalan kepada syaikh atau guru dengan jiwa dan semangat yang baru.

Terkadang, sang guru memerintahkan beberapa orang siswa untuk membacakan hafalannya sambil berdiri. Mereka yang tinggal di benua afrika biasa menamakannya dengna istilah “melempar”. Sebab seolah – olah siswa melemparkan hafalannya kepada pendengaran gurunya. Biasanya, siswa yang membaca sambil berdiri lebih semangat dan siap siaga membacakan hafalannya.

Metode dawaran ini memiliki banyak manfaat salah satunya pergerakan dawaran yang terus menerus dapat mengembalikan gairah otot – otot jantung dan anggota tubuh lainnya, stelah sekian lama duduk kegiatan dawaran mengndung suatu perubahan yang dapat membangkitkan semangat serta peralihan dalam jiwa siswa apabila  ia merasa bosan atau lelah. Sebab, biasanya anak – anak suka bergerak kesana kemari dan apabila menahannya bergerak dalam waktu yang cukup lama, pastilah mereka merasa bosan dan tidak tahan.

Di negeri – negeri barat sekarang ini muncul suatu metode pengajaran moderen yang mirip dengan metode dawaran, dari sisi tertentu. Mereka merasa bahwa merekalah yang pertama kali menemukan teori ini. Padahal kaum muslimin meski dengan sarana serba terbatas telah terlebih dahulu menemukan sejumlah besar metode pendidikan modern.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam metode dawaran ini, hendaknya praktiknya tidak dilakukan dengan cepat, dan lingkaran yang di buat harus cukup besar, sehingga siswa yang melakukan dawaran tidak pusiang jika lingkaran yang di buat teramat kecil. Selain itu, hendaknya kegiatan ini dilakukan di sebuah areal yang cukup luas dengan sirkulasi udara yang baik.[1]

[1] Dr. Yahya bin A’bdurrazzaq al-Ghautsani. Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Terjemahan Zulfan. (Jakrta : Pustaka Imam Syafi’i. 2010) Hlm. 172 – 174

Category: , ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..

0 komentar