Menyimpan File Secara Online di Dropbox

Wandi Budiman | 9/28/2013 |


Apakah sobat sudah mengenal Dropbox ? Dropbox adalah file storage, atau tempat kita menyimpan file secara online. Sebenarnya ada banyak layanan lainnya, seperti 4Shared, Ziddu, dll. Namun, dropbox memang berbeda. Karena dropbox juga memiliki aplikasi yang memungkinkan kita membawa dokumen, foto, dan video ke mana saja dan membaginya dengan mudah. Dropbox tersedia untuk PC, Mac, Linux, Android, dan di Web, sedangkan untuk iOS menyusul beberapa minggu lagi.
“Di Dropbox, kami merancang teknologi yang memudahkan kehidupan manusia di seluruh penjuru dunia,” kata Drew Houston, pendiri dan CEO Dropbox. “Peluncuran dalam bahasa setempat merupakan bagian penting untuk mewujudkan pengalaman yang tanpa batas itu.”

Dropbox mengalami pertumbuhan di atas 500 persen dalam setahun terakhir di Indonesia, dengan lebih dari 20 persen pengguna mengakses Dropbox via Android dan lebih dari lima juta file disimpan setiap harinya. Bahkan, jumlah tautan berbagi yang dibuat setiap minggunya sama dengan jumlah pulau di Indonesia yaitu 17.000.

Saat ini Dropbox tersedia dalam lima belas bahasa: Bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Spanyol Amerika Latin, Spanyol Kastilia, Portugis Brasil dan, sekarang, Bahasa Rusia, Polandia, Malaysia, Indonesian, China Tradisional, dan China Sederhana.

Cara Mendapatkan dan Mendaftar Aplikasi Dropbox.

Untuk tutorial ini, saya menggunakan PC. Tapi, saya kira, proses instalasi untuk smartphone akan sama saja. Baiklah mari kita mulai.

1. Kunjungi Dropbox. Klik Sign Up untuk mendaftarkan akun Anda sendiri.
2. Isi form registrasi dengan benar, centang "I agree to Dropbox Terms", klik Sign Up


Cara Menggunakan Dropbox, Alternatif Menyimpan File
 3. Begitu kita klik Sign Up, maka kita akan dibawa ke halaman instalasi Dropbox. Untuk bisa menggunakan dropbox, kita harus menginstall aplikasi ini. Klik "Save" untuk mendownload aplikasinya.


Cara Menggunakan Dropbox, Alternatif Menyimpan File
 4. Setelah terdownload, klik doble file hasil download. Jalankan proses instalasi seperti tampak pada gambar di bawah.


5. Proses selanjutnya adalah login ke akun Dropbox kita. Masukkan email dan password yang dipakai untuk mendaftar. Klik "Berikutnya"
6. Pilih kuota penyimpanannya. Kalau gratis, cukup pillih kuota 2 GB. Kita bisa meningkatkan kuota ini sampai limit 16 GB untuk free account. Caranya ? Nanti Insya Allah akan saya posting nanti ... Space ini lebih banyak 1 GB dari Google Drive, karena Google Drive hanya menyediakan 15 GB untuk penyimpanan gratisnya. Kemudian, klik "Berikutnya"

7. Kalau sobat sudah menemukan gambar di bawah, maka proses instalasi Dropbox selesai. Dan kita bisa mulai menggunakannya.
Dari hasil instalasi ini, kita akan mendapati folder dropbox di PC kita, dan sebuah notifikasi drop box di sebelah kanan bawah, seperti tampak pada gambar di bawah ini :
 
Untuk menyimpan file kita di Dropbox, kita tinggal simpan di folder Dropbox di PC kita. Saat kita login, file yang tersimpan di folder dropbox akan terupload. Kemudian, kita bisa membagi link nya agar bisa didownload. Caranya, klik kanan file yang mau dibagi di folder Dropbox di PC kita, kemudian pilih ikon Dropbox (ada tulisan, "Bagi tautan Dropbox"). Kemudian, login ke akun dropbox sobat. Pilih menu "Links" yang ada di sebelah kiri. Akan terbuka file yang kita simpan di sana. Klik kanan dan copy link nya. Siap untuk digunakan. Mudah bukan ?
Sumber
http://www.wandibudiman.blogspot.com" target="_blank">

Category: , ,

About wandibudiman.blogspot.com:
Blog ini merupakan blog yang dikelola oleh Wandi Budiman, seorang manusia lemah yang selalu mencari keridhaan dari Tuhannya (Allah swt). Terimaksih sudah berkunjung ke Blog ini Semoga apa yang sudah di posting di Blog ini menjadi Sesuatu yang bermanfaat.Amin..